Internet
PENDAHULUAN
Saat ini teknologi sudah semakin
maju. Komunikasi antar pulau dan Negara, tidaklah sulit lagi dengan tersedianya
jaringan global antar komputer yang dapat berkomunikasi dari berbagai lokasi di
belahan dunia bernama “Internet”. Internet sudah merambah berbagai bidang
kehidupan, baik bidang sosial, budaya, ekonomi, teknologi, militer maupun
pendidikan. Internet terhubung dengan ribuan catalog perpustakaan sehingga
penggunanya dapat meneliti ribuan database yang terbuka untuk umum. Namun
kemunculan Internet tersebut, tentu saja berdampak di kalangan masyarakat
terutama remaja yang dalam proses belajar menerima arus globalisasi. Apalagi
dengan tersedianya fasilitas-fasilitas akses Internet di berbagai macam tempat
yang di namai Warung Internet. Maka kami memutuskan untuk memilih judul “Internet”.
Rumusan
masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah :
Bagaimana
pengaruh Internet?
Tujuan
penelitian kami adalah :
1.
Untuk mengetahui pengaruh Internet bagi para pelajar SMP
Negeri 1 Bungoro
2.
Untuk menambah referensi pustaka sekolah
3.
Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia
PEMBAHASAN
Internet
merupakan singkat dari Interconnected
Network yang bererti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Internet
adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem
jaringan informasi global.
Internet
di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika (U.S. Defense Advance Research Projects Agency (DARPA)) pada tahun
1969 melalui riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer untuk
membentuk jaringan organic yang di beri nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang bertujuan
untuk keperluan militer.
Kemudian
pada tahun-tahun berikutnya jaringan ARPANET
di kembangkan oleh berbagai ilmuwan di Negara-Negara belahan dunia. Untuk
mempermudah akses penjelajahannya, pada tahun 1990, Sir John Timothy “Tim”
Berners Lee menemukan program editor dan browser
yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk
sebuah jaringan bernama World Wide Web (WWW).
Ada
beberapa layanan Internet, antara lain sebagai berikut.
1.
WWW (World Wide Web)
2.
FTP (File Transfer
Protocol)
3.
e-mail (electronic
mail)
4.
Milist (Mailing List)
5.
Newsgroup atau Kelompok
Diskusi
6.
Telnet
7.
Gopher
8.
IRC (Internet Relay
Chat)
9.
VoIP (Voice over
Internet Protocol)
Dunia pendidikan
adalah salah satu bidang yang memanfaatkan Internet secara luas untuk
kepentingan peningkatan kualitas suatu institusi pendidikan.
Internet
dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya (virtual
library) yang mengandung jutaan informasi tentang berbagai hal, salah
satunya data dan informasi tentang pendidikan. Internet dapat dijadikan sebagai
salah satu sumber balajar alternative bagi kalangan akademis setelah
perpustakaan konvensional di lembaga pendidikan tinggi.
Internet
masuk ke Indonesia tahun 1990-an, saat itu jaringan di Indonesia lebih di kenal
sebagai network, dimana semangat
kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa di antara
para pelakunya.
Di
tahun 1986-1987 awal perkembangan jaringan Internet di kenal sebagai jaringan
paket radio di Indonesia. Jaringan paket radio ini digunakan secara individual
oleh masyarakat tertentu terutama di golongan kelas atas. Di tahun yang sama
pula muncul jaringan paket radio bernama w:ITB yang dikembangkan dengan
memperoleh koneksi dari TelkomNet. Pada akhirnya masuklah jaringan Internet
dalam jaringan pendidikan di Indonesia.
Internet
merupakan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih
perangkat komputer yang saling terhubung memungkinkan terjadinya pemakaian
bersama sumber daya dan komunikasi data secara langsung. Ada berbagai tipe
jaringan berdasarkan beberapa kriteria tertentu, yaitu :
1.
Berdasarkan Metode Distribusi Data
a.
Jaringan Terpusat (Host Based Network)
b.
Jaringan Terdistribusi (Distributed Network)
2.
Berdasarkan Hubungan Fungsional
a.
Client-Server
b.
Peer to Peer
3.
Berdasarkan Jangkauan Wilayah
a.
LAN (Local Area Network)
b.
MAN (Metropolitan Area Network)
c.
WAN (Wide Area Network)
d.
CAN (Campus Area Network)
e.
Intranet
4.
Berdasarkan Metode Koneksi
a.
Jaringan Berkabel (Wired/Wireline Network)
b.
Jaringan Tanpa Kabel/Nirkabel (Wireless Network)
5.
Berdasarkan Topologi
a.
Topologi Bus
b.
Topologi Star (Bintang)
c.
Topologi Mesh (Jaring)
d.
Topologi Ring (Cincin)
Di dalam Jaringan
Komputer terdapat Potokol Jaringan. Protokol Jaringan merupakan aturan-aturan yang
mengatur komunikasi beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Ada beberapa
protocol jaringan yang sering digunakan, yaitu :
a.
Ethernet
b.
AppleTalk
c.
Token Ring
d.
FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
e.
ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Ada berbagai
saluran telekomunikasi yang dapat digunakan untuk akses Internet, seperti :
a.
Saluran Telepon
b.
ISDN (Integrated Service Digital Network)
c.
HDSL (High Data-Rate Digital Subscriber Lines)
d.
SDSL (Symetric Digital Subscriber Line)
e.
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
f.
VDSL (Very High-Bit-Rate Digital Subscriber Line)
g.
Integrated Service Digital Network DSL (IDSL)
h.
VSAT (Very Small Aperture Terminal)
i.
Radio Paket
j.
TV Kabel
k.
Kabel Listrik (PLC/Power Line Communication)
l.
Teknologi WAP (Wireless Application Protocol)
m.
GPRS (General Packet Radio Service)
n.
WiFi (Wireless Fidelity)
Adapun standar
minimal perangkat keras komputer untuk mengakse Internet, yaitu :
a.
Prosesor Pentium (Pentium II ke atas)
b.
Memory (RAM) 64 MB dan Hardisk 2 GB
c.
VGA Card dan Monitor VGA
d.
Sound Card
e.
Modem
f.
Telepon
Software yang biasa
digunakan dalam Internet adalah sebagai berikut.
a.
Internet Explorer (IE)
b.
Mozilla Firefox
c.
Opera
d.
Google Chrome
Ada beberapa pula
mesin pencari (search engine) yang
digunakan dalam Internet, yaitu :
a.
Google
b.
Yahoo
c.
Live Search
d.
Webcrawler
e.
MSN (Microsoft Network)
f.
Looksmart
g.
Wisenut
Dampak
Internet bagi para pelajar, adalah sebagai berikut.
1.
Dampak Positif
Internet dapat
merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi,
dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari
secara nyata. Dampak positif Internet bagi para pelajar adalah sebagai berikut.
a.
Proses pembelajaran dalam sekolah menjadi menarik karena
tidak menonton lagi melainkan lebih bervariasi.
b.
Mendorong minat pelajar untuk lebih aktif, kreatif,
produktif, terampil, dan mandiri terutama dalam mengembangkan bakat, seperti
minat membaca dalam menulis hal-hal positif dalam blog, catatan, dan website.
c.
Mempermudah mencari sumber pembelajaran yang lebih up to date (aktual).
d.
Sebagai perpustakaan elektronik.
e.
Sarana pendidikan mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
f.
Membantu para pelajar untuk mengakses berbagai informasi dan
ilmu pengetahuan yang menunjang dalam proses pembelajaran di sekolah.
g.
Bisa berkomunikasi dengan teman yang bukan pelajar SMP
Negeri 1 Bungoro bahkan sharing tentang
pendidikan di luar kota.
2.
Dampak Negatif
Dampak negatif
Internet bagi para pelajar adalah sebagai berikut.
a.
Siswa dapat membuka situs-situs pornografi.
b.
Siswa cenderung menghabiskan waktu dan uang hanya untuk game online, chatting, download,
surfing/browsing di waktu luang dan umumnya mereka mengalami kecanduan,
malas belajar, malas mengerjakan tugas dan sebagainya.
c.
Proses belajar terganggu karena biasanya ada siswa yang
diam-diam menggunakan akses hotspot atau
Internet via ponsel hanya untuk twitter,
plurk, facebook, eBuddy, dan berbagai jenis situs pertemanan.
d.
Kurangnya sosialisasi secara langsung dengan orang lain,
mereka cenderung diam terus di depan computer, laptop, atau ponsel jika ingin
mengobrol dengan orang lain yang jauh.
e.
Cyber-Relational
Addiction adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin kecandu
melalui Internet (seperti melalui chat
room dan virtual affairs).
Untuk mengatasi
dampak-dampak negatif tersebut, bisa dilakukan dengan
cara berikut ini.
a.
Memasang software sederhana
yang dapat mengetahui apa yang sedang di buka siswa di komputernya.
b.
Kadang kala guru merazia Warnet di sekitar sekolah untuk
mengetahui apa yang para pelajar lakukan disana.
c.
Memasang kamera CCTV di setiap kelas untuk mengontrol siswa
apabila membuka situs-situs porno atau membuka ponsel.
PENUTUP
Berdasarkan hasil
observasi yang kami lakukan, di peroleh kesimpulan sebagai berikut :
1.
Internet adalah jaringan global yang dapat menghubungkan
computer satu dengan yang lain dari seluruh dunia.
2.
Pada umumnya para pelajar masih menggunakan Internet sebagai
sistem komunikasi, seperti surfing/browsing,
download, chatting, e-mail, gaming, dan lain-lain.
3.
Internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai
informasi dan ilmu pengetahuan.
4.
Agar siswa tidak terhubung pada situs-situs porno, pihak
sekolah sebaiknya mengupayakan berbagai cara seperti razia ke Warnet, memasang
kamera CCTV dan software pengawas,
serta memberikan kegiatan ekstrakulikuler DaKu (Dunia Remaja Ku Seru!) yang
dapat membimbing siswa untuk berpikir ke arah positif.
DAFTAR
PUSTAKA
Iswahyudi, Dian Hadi. 2009-2010. Keaktifan Belajar Siswa SMP Negeri 6 Pekanbaru. Karya Ilmiah Sederhana: SMP Negeri 6 Pekanbaru.
Sodiqin. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Indonesia Pada Era Globalisasi. Karya Tulis: Madrasah Aliyah Sultan Hadlirin Matingan Tahunan Jepara.
Widiatmoko, Mukhammad Luthfi. 2008. Pengaruh Internet Bagi Perkembangan Remaja. Karya Ilmiah: SMA Negeri 1 Banjarmasin.
_____. Karya Tulis Ilmiah: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Buku Teknologi Informasi & Komunikasi SMP Kelas IX
Lee, Wibowo. 2010. 10 Dampak Negatif Facebook Bagi Pelajar dan Remaja.
Maisya, Trialiana. 2009. Dampak Internet Bagi Perkembangan Anak. Kutaraja. (http://laembateileik.blogspot.com/2009/01/dampak-internet-bagi-perkembangan-anak.html)
Nila, Anis. 2009. Dampak Internet. (http://dunia.pelajar-islam.or.id/dunia.pii/209/dampak-internet.html)
Octa. 2009. Dampak Negatif dan Positif Dari Internet. (http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/)
Olija. 2008. Dampak Penggunaan Internet Pada Pendidikan. (http://putra-tatiratu.blogspot.com/2008/06/dampak-penggunaan-internet-pada.html)
Pita, Anggia Loka. 2007. Dampak Perkembangan Internet Bagi Remaja Di Indonesia. Indonesia (http://anggipinonwords.blog.friendster.com/)
_____. 2009. Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Pelajar. Indonesia. (http://sinau123.blogspot.com/)
_____. 2009. Internet Untuk Pendidikan dan Pengaruhnya di Pondok. (http://mendadaksantri.blogdetik.com/)
_____. 2010. Dampak Internet dan Opportunity. Jakarta. (http://blog.ub.ac.id/toffucooloutsider/)
_____. 2008. Dampak Internet Terhadap Prestasi Belajar. (http://roufnet.wordpress.com/2008/06/12/dampak-internet-terhadap-prestasi-belajar/)
_____. 2010. Pengaruh Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari. (http://fivers.ngeblogs.com/2010/01/03/pengaruh-internet-dalam-kehidupan-sehari-hari/)
_____. Internet Sumber Masalah. (http://www.beritanet.com/Technology/Berita-IT/Internet-Sumber-Masalah)
_____. Dampak Virtual Worlds Bagi Pertumbuhan Anak. (http://www.beritanet.com/Education/Dampak-Virtual-Worlds-Bagi-Pertumbuhan-Anak/)
_____. Dampak Negatif Internet. http://www.enformasi.com/2009/01/dampak-negatif-internet.html
GOOD....
BalasHapus