Powered By Blogger

Minggu, 14 Oktober 2012

Internet (Karya Ilmiah Sederhana)

-->
Internet

PENDAHULUAN

            Saat ini teknologi sudah semakin maju. Komunikasi antar pulau dan Negara, tidaklah sulit lagi dengan tersedianya jaringan global antar komputer yang dapat berkomunikasi dari berbagai lokasi di belahan dunia bernama “Internet”. Internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, budaya, ekonomi, teknologi, militer maupun pendidikan. Internet terhubung dengan ribuan catalog perpustakaan sehingga penggunanya dapat meneliti ribuan database yang terbuka untuk umum. Namun kemunculan Internet tersebut, tentu saja berdampak di kalangan masyarakat terutama remaja yang dalam proses belajar menerima arus globalisasi. Apalagi dengan tersedianya fasilitas-fasilitas akses Internet di berbagai macam tempat yang di namai Warung Internet. Maka kami memutuskan untuk memilih judul “Internet”.

            Rumusan masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah :
            Bagaimana pengaruh Internet?

            Tujuan penelitian kami adalah :
1.      Untuk mengetahui pengaruh Internet bagi para pelajar SMP Negeri 1 Bungoro
2.      Untuk menambah referensi pustaka sekolah
3.      Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia

PEMBAHASAN

            Internet merupakan singkat dari Interconnected Network yang bererti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.
            Internet di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika (U.S. Defense Advance Research Projects Agency (DARPA)) pada tahun 1969 melalui riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer untuk membentuk jaringan organic yang di beri nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang bertujuan untuk keperluan militer.
            Kemudian pada tahun-tahun berikutnya jaringan ARPANET di kembangkan oleh berbagai ilmuwan di Negara-Negara belahan dunia. Untuk mempermudah akses penjelajahannya, pada tahun 1990, Sir John Timothy “Tim” Berners Lee menemukan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk sebuah jaringan bernama World Wide Web (WWW).
            Ada beberapa layanan Internet, antara lain sebagai berikut.
1.      WWW (World Wide Web)
2.      FTP (File Transfer Protocol)
3.      e-mail (electronic mail)
4.      Milist (Mailing List)
5.      Newsgroup atau Kelompok Diskusi
6.      Telnet
7.      Gopher
8.      IRC (Internet Relay Chat)
9.      VoIP (Voice over Internet Protocol)
Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang memanfaatkan Internet secara luas untuk kepentingan peningkatan kualitas suatu institusi pendidikan.
            Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya (virtual library) yang mengandung jutaan informasi tentang berbagai hal, salah satunya data dan informasi tentang pendidikan. Internet dapat dijadikan sebagai salah satu sumber balajar alternative bagi kalangan akademis setelah perpustakaan konvensional di lembaga pendidikan tinggi.
           
            Internet masuk ke Indonesia tahun 1990-an, saat itu jaringan di Indonesia lebih di kenal sebagai network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya.
            Di tahun 1986-1987 awal perkembangan jaringan Internet di kenal sebagai jaringan paket radio di Indonesia. Jaringan paket radio ini digunakan secara individual oleh masyarakat tertentu terutama di golongan kelas atas. Di tahun yang sama pula muncul jaringan paket radio bernama w:ITB yang dikembangkan dengan memperoleh koneksi dari TelkomNet. Pada akhirnya masuklah jaringan Internet dalam jaringan pendidikan di Indonesia.

            Internet merupakan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung memungkinkan terjadinya pemakaian bersama sumber daya dan komunikasi data secara langsung. Ada berbagai tipe jaringan berdasarkan beberapa kriteria tertentu, yaitu :
1.      Berdasarkan Metode Distribusi Data
a.       Jaringan Terpusat (Host Based Network)
b.      Jaringan Terdistribusi (Distributed Network)
2.      Berdasarkan Hubungan Fungsional
a.       Client-Server
b.      Peer to Peer
3.      Berdasarkan Jangkauan Wilayah
a.       LAN (Local Area Network)
b.      MAN (Metropolitan Area Network)
c.       WAN (Wide Area Network)
d.      CAN (Campus Area Network)
e.       Intranet
4.      Berdasarkan Metode Koneksi
a.       Jaringan Berkabel (Wired/Wireline Network)
b.      Jaringan Tanpa Kabel/Nirkabel (Wireless Network)
5.      Berdasarkan Topologi
a.       Topologi Bus
b.      Topologi Star (Bintang)
c.       Topologi Mesh (Jaring)
d.      Topologi Ring (Cincin)
Di dalam Jaringan Komputer terdapat Potokol Jaringan. Protokol Jaringan merupakan aturan-aturan yang mengatur komunikasi beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Ada beberapa protocol jaringan yang sering digunakan, yaitu :
a.       Ethernet
b.      AppleTalk
c.       Token Ring
d.      FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
e.       ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Ada berbagai saluran telekomunikasi yang dapat digunakan untuk akses Internet, seperti :
a.       Saluran Telepon
b.      ISDN (Integrated Service Digital Network)
c.       HDSL (High Data-Rate Digital Subscriber Lines)
d.      SDSL (Symetric Digital Subscriber Line)
e.       ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
f.       VDSL (Very High-Bit-Rate Digital Subscriber Line)
g.      Integrated Service Digital Network DSL (IDSL)
h.      VSAT (Very Small Aperture Terminal)
i.        Radio Paket
j.        TV Kabel
k.      Kabel Listrik (PLC/Power Line Communication)
l.        Teknologi WAP (Wireless Application Protocol)
m.    GPRS (General Packet Radio Service)
n.      WiFi (Wireless Fidelity)
Adapun standar minimal perangkat keras komputer untuk mengakse Internet, yaitu :
a.       Prosesor Pentium (Pentium II ke atas)
b.      Memory (RAM) 64 MB dan Hardisk 2 GB
c.       VGA Card dan Monitor VGA
d.      Sound Card
e.       Modem
f.       Telepon
Software yang biasa digunakan dalam Internet adalah sebagai berikut.
a.       Internet Explorer (IE)
b.      Mozilla Firefox
c.       Opera
d.      Google Chrome
Ada beberapa pula mesin pencari (search engine) yang digunakan dalam Internet, yaitu :
a.       Google
b.      Yahoo
c.       Live Search
d.      Webcrawler
e.       MSN (Microsoft Network)
f.       Looksmart
g.      Wisenut
            Dampak Internet bagi para pelajar, adalah sebagai berikut.
1.      Dampak Positif
Internet dapat merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. Dampak positif Internet bagi para pelajar adalah sebagai berikut.
a.       Proses pembelajaran dalam sekolah menjadi menarik karena tidak menonton lagi melainkan lebih bervariasi.
b.      Mendorong minat pelajar untuk lebih aktif, kreatif, produktif, terampil, dan mandiri terutama dalam mengembangkan bakat, seperti minat membaca dalam menulis hal-hal positif dalam blog, catatan, dan website.
c.       Mempermudah mencari sumber pembelajaran yang lebih up to date (aktual).
d.      Sebagai perpustakaan elektronik.
e.       Sarana pendidikan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
f.       Membantu para pelajar untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang menunjang dalam proses pembelajaran di sekolah.
g.      Bisa berkomunikasi dengan teman yang bukan pelajar SMP Negeri 1 Bungoro bahkan sharing tentang pendidikan di luar kota.
2.      Dampak Negatif
Dampak negatif Internet bagi para pelajar adalah sebagai berikut.
a.       Siswa dapat membuka situs-situs pornografi.
b.      Siswa cenderung menghabiskan waktu dan uang hanya untuk game online, chatting, download, surfing/browsing di waktu luang dan umumnya mereka mengalami kecanduan, malas belajar, malas mengerjakan tugas dan sebagainya.
c.       Proses belajar terganggu karena biasanya ada siswa yang diam-diam menggunakan akses hotspot atau Internet via ponsel hanya untuk twitter, plurk, facebook, eBuddy, dan berbagai jenis situs pertemanan.
d.      Kurangnya sosialisasi secara langsung dengan orang lain, mereka cenderung diam terus di depan computer, laptop, atau ponsel jika ingin mengobrol dengan orang lain yang jauh.
e.       Cyber-Relational Addiction adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin kecandu melalui Internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs).
Untuk mengatasi dampak-dampak  negatif tersebut, bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
a.       Memasang software sederhana yang dapat mengetahui apa yang sedang di buka siswa di komputernya.
b.      Kadang kala guru merazia Warnet di sekitar sekolah untuk mengetahui apa yang para pelajar lakukan disana.
c.       Memasang kamera CCTV di setiap kelas untuk mengontrol siswa apabila membuka situs-situs porno atau membuka ponsel.
PENUTUP
Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, di peroleh kesimpulan sebagai berikut :
1.      Internet adalah jaringan global yang dapat menghubungkan computer satu dengan yang lain dari seluruh dunia.
2.      Pada umumnya para pelajar masih menggunakan Internet sebagai sistem komunikasi, seperti surfing/browsing, download, chatting, e-mail, gaming, dan lain-lain.
3.      Internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan.
4.      Agar siswa tidak terhubung pada situs-situs porno, pihak sekolah sebaiknya mengupayakan berbagai cara seperti razia ke Warnet, memasang kamera CCTV dan software pengawas, serta memberikan kegiatan ekstrakulikuler DaKu (Dunia Remaja Ku Seru!) yang dapat membimbing siswa untuk berpikir ke arah positif.












DAFTAR PUSTAKA

Iswahyudi, Dian Hadi. 2009-2010. Keaktifan Belajar Siswa SMP Negeri 6 Pekanbaru. Karya Ilmiah Sederhana: SMP Negeri 6 Pekanbaru.
Sodiqin. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Indonesia Pada Era Globalisasi. Karya Tulis: Madrasah Aliyah Sultan Hadlirin Matingan Tahunan Jepara.
Widiatmoko, Mukhammad Luthfi. 2008. Pengaruh Internet Bagi Perkembangan Remaja. Karya Ilmiah: SMA Negeri 1 Banjarmasin.
_____. Karya Tulis Ilmiah: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Buku Teknologi Informasi & Komunikasi SMP Kelas IX
Lee, Wibowo. 2010. 10 Dampak Negatif Facebook Bagi Pelajar dan Remaja.
Maisya, Trialiana. 2009. Dampak Internet Bagi Perkembangan Anak. Kutaraja. (http://laembateileik.blogspot.com/2009/01/dampak-internet-bagi-perkembangan-anak.html)
Nila, Anis. 2009. Dampak Internet. (http://dunia.pelajar-islam.or.id/dunia.pii/209/dampak-internet.html)
Octa. 2009. Dampak Negatif dan Positif Dari Internet. (http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/)
Olija. 2008. Dampak Penggunaan Internet Pada Pendidikan. (http://putra-tatiratu.blogspot.com/2008/06/dampak-penggunaan-internet-pada.html)
Pita, Anggia Loka. 2007. Dampak Perkembangan Internet Bagi Remaja Di Indonesia. Indonesia (http://anggipinonwords.blog.friendster.com/)
_____. 2009. Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Pelajar. Indonesia. (http://sinau123.blogspot.com/)
_____. 2009. Internet Untuk Pendidikan dan Pengaruhnya di Pondok. (http://mendadaksantri.blogdetik.com/)
_____. 2010. Dampak Internet dan Opportunity. Jakarta. (http://blog.ub.ac.id/toffucooloutsider/)
_____. 2008. Dampak Internet Terhadap Prestasi Belajar. (http://roufnet.wordpress.com/2008/06/12/dampak-internet-terhadap-prestasi-belajar/)
_____. 2010. Pengaruh Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari. (http://fivers.ngeblogs.com/2010/01/03/pengaruh-internet-dalam-kehidupan-sehari-hari/)
_____. Internet Sumber Masalah. (http://www.beritanet.com/Technology/Berita-IT/Internet-Sumber-Masalah)
_____. Dampak Virtual Worlds Bagi Pertumbuhan Anak. (http://www.beritanet.com/Education/Dampak-Virtual-Worlds-Bagi-Pertumbuhan-Anak/)
_____. Dampak Negatif Internet. http://www.enformasi.com/2009/01/dampak-negatif-internet.html



1 komentar: